hidaYnotes - Kleine Reise Notizen

Koplo di Pengadilan Negeri

Pengadilan Negeri

Siang itu Koplo pergi ke Pengadilan Negeri untuk mengurus pengesahan pendirian yayasannya. Sebenarnya ke sono cumin mau minta cap dan tanda tangan thok, tapi karena sudah menjadi syarat ya koplo jalani saja. Dan disitulah koplo mengalami hal yang diyakininya telah dialami oleh jutaan gundul rakyat. Berikut cuplikannya:

Koplo : “Cap dan tanda tanganya dah jadi mas?”
Oknum : “OOoo..yang yayasan itu mas,,ya ni sudah jadi, silakan di ambil…!”
Koplo : “bayar berapa pak eh mas?”
Oknum : “Terserah mas…sukarela saja kok..”

Begitu diomongi ‘sukarela’ kipiran koplo eh koplo mikir, berarti kalo gak mbayar juga gk papa. Kebetulan itu ada pengusaha yang juga baru ngurus usahanya menanyakan perihal yang sama. Walhasil, pengusaha itu member lima puluh ribu repes ke mas oknum itu.

Oknum : “loh pak, kok Cuma lima puluh rebu siee…”
Pengusaha         : “la jane piro toh mas…?katanya sukarela…!”
Oknum : “Ya minimal seratus rebu lah pak…”
Koplo : “Lah, kalo gitu saya juga mbayar seratus rebu mas…???”
Oknum : “Lha iyaa laahhh….”
Koplo : “Wassssemmm..!!”

Dasar oknum!!! Katanya sukarela, eh kok malah mbayar dengan dukarela. Setelah koplo keluar, di pintu keluar sudah berjejer rapi para calon korban bayar ‘sukarela’ yang ngantri ditariki uang dukarela yang harus mbayar seratus rebu ripis.
Sak jane yo mesakke tenan mas oknum iku, wes ngambil uang ‘dukarela’ tapi kok yo gk sugeh sugeh nemen, malah klihatan uwong mlarat. Kasian juga anak istrinya, dikasih makan pake uang ‘dukarela’.

Boleh saja dibilang oknum, tapi kok ya merata di semua lini. Ada di sayap kanan dan sayap kiri plus gelandang (macem sepak bola aje -_-). Padahal waktu mendaftar jadi pegawai gk ada syarat jadi ‘harus jadi oknum’. Tapi pas sudah jadi pegawai, dengan sukarela jadi oknum tersebut dari low lepel sampe hai lepel.

Jane nek oknum itu mau sedikit paham, sebenarnya kebutuhan manusia itu sedikit. Yang banyak itu keinginannya. Kalo bicara soal kebutuhan, tubuh manusia yo segitu segitu aja. Perutnya juga bisa nampung sedikit, la kok pengene dimasukin banyak banyak makanan, gunung duit diemplok kabeh sak watu watune pisan. Seng akeh iku yo ‘keinginannya’. Kalo manusia sudah gk bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan, biasanya model gini bakal jadi koruptor kelas hai lepel macem gayus akil mantan ketua mk.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Koplo di Pengadilan Negeri

0 komentar:

Posting Komentar