hidaYnotes - Kleine Reise Notizen

Panduan Mudah Tutorial Cara Mengetahui Ip Address Lengkap

Cara Mengetahui Ip Address Lengkap - Bagi kamu yang sedang kuliah di jurusan Teknik Informatika atau yang lebih khusus jurusan Teknik Komputer pastilah harus mengenal lebih dalam tentang Ip Address. Yap, sebenarnya apa itu Ip Address? Ip Address adalah sederetan angka pada komputer maupun gadget yang dapat terhubung kedalam jaringan sebagai identitas, angka Ip Address ini unik dan berbeda satu dengan yang lainnya dalam satu jaringan. Untuk pembahasan mengenai Ip Address beserta kelasnya ataupun range nya insya Allah akan saya bahas di waktu lain. Untuk saat ini marilah kita belajar bagaimana mengetahui Ip Address yang terhubung dengan jaringan.

Tutorial Cara Mengetahui Ip Address dengan CMD

Cara yang paling mudah untuk mengetahui Ip Address yang ada pada perangkat ataupun komputer kita adalah dengan Command Prompt atau lebih terkenal dengan sebutan CMD. Untuk menjalankan cmd adalah dengan menekan tombol Windows yang ada pada keyboard dan dengan tombol r, singkatnya tekanlah tombol windows + r bersamaan. Lalu ketiklah "cmd" tanpa tanda kutip dan layar Cmd pun akan muncul.
 tutorial cara mengetahui ip address dengan cmd ip address example

Pada layar cmd, ketiklah perintah "ipconfig" tanpa tanda petik dan tidak ada spasi antara ip dan config, liat lebih jelas pada gambar. Pada gambar terlihat ip Address dari "PPP adapter ahass" yang mana adalah ip address saya dapatkan yaitu 100.85.200.65. Dengan cmd ini pula anda dapat mengetahui ip address wifi maupun jaringan local anda, untuk lebih lanjut ip yang manakah dapat anda cek sendiri. Ip Address inilah deretan angka yang kamu gunakan untuk terhubung dengan internet. Namun Ip address tersebut adalah ip private yang diberikan oleh provider Internet. Jika anda terhubung dengan internet dan browsing, Ip Address yang anda gunakan adalah ip address public milik provider opsel. Nah bagaimana cara cek ip address public? simak saja.

Panduan Cara Mengetahui Public Ip Address

Sebenarnya apa sih perbedaan dari public ip address dengan private ip address? hmm saya rasa pembahasan tersebut akan saya buat dalam artikel khusus. Untuk sementara saya akan memandu anda untuk mengecek public ip address anda. Untuk mengecek ip public kita dapat menggunakan bantuan situs online. Ada banyak situs rujukan yang dapat anda gunakan untuk melihat public ip address anda seperti cmyip.com, whatismyipaddress.com, ip2location.com dan bahkan dapat anda cek dengan google.com dengan memasukkan query "my ip" tanpa tanda kutip. Namun yang lebih memberikan data tentang public ip address tersebut adalah dengan situs ip2location.com. Dengan menggunakan situs tersebut anda dapat mengetahui seputar public ip semisal Negara, kota, domain, bahkan penyedia vendor dari penyedia ip tersebut. Nah langsung saja anda meluncur ke situs www.ip2location.com.
Panduan Cara Mengetahui Public Ip Address dengan ip2location.com

Cara Mengetahui Seluruh Ip Address Dalam Satu Jaringan

Jika anda menginginkan mengecek ip address dalam satu jaringan atau workgroup anda dapat menggunakan aplikasi gratis yaitu Free Ip Scanner. Dengan menggunakan aplikasi tersebut anda dapat mengetahui semua ip address yang aktif dan ip address yang tidak digunakan. Untuk caranya anda download dan install terlebih dahulu kemudian memasukkan range ip address awal dan akhir kemudian klik "start scanning". untuk menggunakan tool ini paling tidak anda sudah mengetahui seluk beluk ip address.
Cara Mengetahui Seluruh Ip Address Komputer Dalam Satu Jaringan
Baca Juga :
Belajar Bahasa Pemrograman Pascal Dasar Pemula dan Panduan Pdf
Bongkar Rahasia!! Cara Riset Keyword dengan Market Samurai
Nah demikianlah pembahasan singkat tentang panduan tutorial cara mengetahui ip address lengkap, semoga artikel ini dapat menambah wawasanmu seputar dunia komputer yaa.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Panduan Mudah Tutorial Cara Mengetahui Ip Address Lengkap

0 komentar:

Posting Komentar