hidaYnotes - Kleine Reise Notizen

Resep Roti Bluder Kuno Khas Tempoe Doeloe

Pada kesempatan ini kami ingin membagikan resep roti bluder kuno sederhana namun lezat. Roti ini sangatlah cocok menjadi menu sarapan pada pagi hari atau sebagai makanan ringan setelah selesai makan. Dengan memiliki rasa dan aroma yang lezat, roti bluder kuno ini selalu memiliki keistimewaan di lidah masyarakat Indonesia.

Jika kamu sedang mencari ide bisnis di bidang makanan, maka memilih roti bluder kuno ini merupakan pilihan yang tepat. Karena rasanya yang pas dan lezat di kalangan masyarakat.

cara membuat resep roti bluder kuno sederhana
Resep dan cara membuat roti bluder kuno juga sangat sederhana dan mudah. Jika anda mengikuti langkah-langkah yang kami tulisakan pada artikel ini, niscaya anda tidak akan merasa kesulitan untuk membuat roti bluder yang enak.

Bahan Resep Roti Bluder Kuno
Dalam langkah-langkah pembuatan roti bluder kuno yang kami sajikan ini pastikan terlebih dahulu anda telah mendapatkan semua bahan yang dibutuhkan agar tidak ada masalah. Adapun bahan yang harus disiapkan adalah sebagai berikut

Bahan Utama :
  • 300gram tepung terigu contoh Cakra
  • 2 gram garam
  • 200ml susu cair UHT atau merk lain
  • 150 gram mentega tawar
  • 2 gram ragi instant
  • 5 gram ragi instant
  • 150 gram gula pasir atau secukupnya
  • 50ml susu cair UHT
  • 10 kuning telur
  • 2 gram bread impover

Bahan Khusus untuk olesan :
  • 1 kuning telur
  • 25 ml susu cair evaporated yang telah dicampur dan diaduk hingga merata.

Langkah Cara Membuat Roti Bluder Kuno Sederhana yang Lembut dan Lezat
Apabila anda ingin mendapatkan roti bluder kuno yang enak, pastikan untuk mengikuti beberapa langkah yang kami sajikan dalam artikel ini dan jangan terlewatkan.
  1. Kumpulkan Tepung terigu, susu cair, dan ragi instant menjadi satu dan aduklah hingga merata, kemudian diamkanlah adonan tersebut selama 2 jam.
  2. Langkah kedua kocoklah kuning telur dengan gula sampai mengembang selama 5 menit. Kemudian masukkan campuran ragi dan tepung terigu sedikit demi sediki hingga habis. Aduk-aduk perlahan dan masukkan susu sampai tercampur merata.
  3. Masukkanlah adonan yang sudah anda buat pada langkah kedua pada adonan pertama, aduk hingga merata. Kemudian masukkan garam dan mentega yang sudah mencair atau dilelehkan. Setelah itu aduk kembali hingga adonan kalis, dan tambahkan tepung terigu secukupnya jika adonan kurang menyatu. Jika sudah selesai, biarkanlah adonan tersebut selama 40 menit.
  4. Jika adonan telah mengembang, pukul atau remaslah adonan tersebut agar angin yang berada pada adonan hilang. Berikutnya buatlah adonan-adonan kecil yang memiliki berat kurang lebih 50 gram. Ulangi dan diamkanlah sekitar 15 menit, remas atau pukul lagi untuk membuang anginnya lagi, dan giling adonan tersebut, lalu isilah adonan tersebut dengan aneka macam isi sesuai selera.
  5. Tempatkan adonan yang sudah berisi ke dalam cetakan, dan biarkan selama 2 jam lamanya.
  6. Kemudian olesilah adonan roti tersebut dengan susu dan campuran kuning telur.
  7. Masukkanlah adonan yang telah dibuat tadi kedalam oven, aturlah suhu 180c selama 25 menit hingga matang. Dan roti bluder kuno siap untuk disajikan.
Demikianlah resep dan cara membuat roti bluder kuno yang dapat anda praktekan dirumah. Pada percobaan pertama mungkin anda menghasilkan kurang bagus. Tapi seiring dengan banyak praktek pasti anda akan mendapat hasil yang memuaskan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Roti Bluder Kuno Khas Tempoe Doeloe

0 komentar:

Posting Komentar